Unit sistem berupa sebuah kotak yang sering disebut
case atau kabinet sistem. Didalam kotak inilah terdapat berbagai komponen
seperti CPU, cip memori ( RAM dan ROM ), motherboar, catu daya, harddisk, dan
CD/DVD drive.
Unit komputer (system unit) adalah suatu
rangka yang di dalamnya terdapat komponen-komponen elektronik dari
komputer yang digunakan untuk memproses data. Sebuah komputer terdiri
atas perangkat-perangkat yang digunakan untuk menerima masukan (input),
melakukan proses, mengeluarkan hasil (output), menyimpan dan
berkomunikasi. Kebanyakan komponen ini adalah bagian dari komputer.
Pada komputer dekstop atau komputer pribadi (personal computer-PC),
komponen-komponen elektronik dan kebanyakan media penyimpanan adalah
bagian dari komputer. Perangkat lain seperti keyboard, mouse, mikrofon,
monitor, printer, pemindai (scanner), kamera video, dan pengeras suara
(speaker), umumnya menempati ruang di luar unit komputer.
Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu:
- Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:
- Input/Output Device (I/O Device) terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
- Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dan lain-lain.
- Monitor/Screen monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
- Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
- Central Processing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak) merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
- Sistem Operasi seperti seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
- Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
- Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
- Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
- Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa.
Pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
- Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
- Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
- High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
3. Brainware (User), User
adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian
komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada
organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya
ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP
(Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP
Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
CONTOH-CONTOH KOMPONEN KOMPUTER
Motherboard adalah papan sirkuit utama dari
suatu komputer. Banyak komponen elektroonik yang terhubung ke
motherboard, yang lainnya dibuat menjadi bagian dari motherboard.
Processor atau disebut juga dengan Central Processing Unit (CPU),
menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah dasar untuk
mengoperasikan komputer.
Unit Kontrol adalah komponen dari processor
yang mengarahkan dan mengoordinasikan hampir seluruh operasi pada
komputer. Unit kontrol berperan seperti polisi lalu lintas. Unit kontrol
mengintepretasikan setiap perintah yang diperlukan program kemudian
memulai aksi yang bersesuaian untuk melaksanakn perintah tersebut.
Arithmetic Logic Unit (ALU) adalah salah
satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk
melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi
aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh
operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU
(Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika
atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
Siklus Mesin, untuk setiap perintah,
processor mengulangi suatu rangkaian yang terdiri atas empat operasi
dasar yang menyusun sebuah siklus mesin, yauitu pengambilan,
penerjemahan kode, eksekusi dan jika perlu penyimpanan.
System Clock
Memori dan Jenis-Jenisnya
Memori terdiri atas komponen-komponen
elektronik yang menyimpan perintah-perintah yang menunggu untuk
dieksekusi oleh processor, data yang diperlukan untuk instruksi perintah
tersebut , dan hasil-hasil dari data yang diproses (informasi). Berikut
jenis-jenis memori:
RAM (Random-Access Memory) merupakan
istilah menyeluruh bagi semua ingatan yang boleh dibaca atau ditulis
secara tidak sehala (non-linear). Bagaimanapun ia merujuk secara khusus
kepada ingatan berasaskan cip apabila kesemua ingatan berasaskan cip
sebelum ini dikatakan bersifat akses-rawak. RAM adalah agak berlainan
dengan ROM, kerana komputer hanya boleh membaca pada ROM tetapi boleh
membaca dan menulis pada RAM.
SIMM (Single In-line Memory Module) dan DIMM (Dual In-line Memory Module)
SIMM dan DIMM sebenarnya tidak merujuk kepada
jenis-jenis memori tetapi merujuk kepada modul (papan litar yang
berserta dengan cip) di mana RAM dipakejkan bersama. SIMM merupakan
modul yang terdahulu dengan menawarkan laluan data sebanyak 32-bit.
Disebabkan pemproses Pentium telah direkabentuk untuk menangani laluan
data yang lebih lebar daripada itu, SIMM mesti digunakan secara
berpasangan dengan papan utama Pentium. Bagaimanapun SIMM masih boleh
digunakan secara tunggal teteapi hanya di atas papan utama yang
berasaskan pemproses 486 atau pemproses yang lebih perlahan.
DRAM (Dynamic RAM)
DRAM pula merupakan sejenis ingatan piawaian
utama dalam komputer hari ini dan ia akan dirujuk apabila anda hendak
memberitahu seseorang bahawa PC anda memiliki 32MB RAM. Di dalam DRAM,
maklumat akan disimpan sebagai satu siri cas elektronik dalam sebuah
kapasitor. Dalam setiap milisaat (milisecond) pengecasan secara
elektronik kapasitor pada DRAM tersebut akan nyahcas (discharge) dan
perlu disegarkan semula (refresh) untuk mengekalkan nilainya. Penyegaran
secara berterusan ini telah dijadikan alasan untuk meletakkan istilah
dynamic di hadapan susunan huruf RAM.
FPM RAM (Fast Page-Mode RAM)
Sebelum kemunculan EDO RAM, semua ingatan
utama yang terdapat di dalam PC adalah dari jenis mod-halaman pantas
(fast page-mode variety). Nama tersebut juga tidak begitu dikenali
manakala jenisnya pula hanyalah satu. Bagaimanapun kemajuan teknologi
telah berjaya mengurangkan masa akses bagi FPM RAM daripada 120-ns
(nanosaat) kepada masa akses sekarang iaitu 60-ns. Bagaimanapun
pemproses Pentium hanya mengiktiraf bas berkepantasan 66 Mhz kerana bas
tersebut lebih pantas keupayaannya berbanding dengan keupayaan FPM RAM.
Dengan kepantasan 60-ns akan membolehkan modul RAM melaksana akses
halaman rawak (di mana halaman dirujuk sebagai satu rantau ruangan
alamat) di bawah kepantasan 30 Mhz walaupun ia dianggap terlalu perlahan
berbanding dengan kepantasan bas.
EDO RAM (Extended-Data-Out RAM)
EDO RAM sebenarnya tidak lebih daripada satu
peningkatan kepada FPM RAM. Apa yang penting ialah ia mengiktiraf
kebanyakan masa apabila CPU meminta ingatan bagi sesuatu alamat
tertentu, di samping meminta beberapa alamat lain yang berdekatan. Di
samping mendesak setiap akses ingatan kembali segar, EDO RAM bergantung
pada lokasi akses sebelumnya bagi memecut akses ke alamat yang
berdekatan. EDO RAM mempercepatkan kitaran ingatan, dengan meningkatkan
prestasi di dalam ingatan sebanyak 40 peratus. Tetapi EDO RAM hanyalah
efektif bagi bas berkepantasan 66 Mhz dan ia boleh dipercepatkan lagi
dengan keupayaan pintasan yang terdapat pada kebanyakan pemproses
terkini seperti AMD, Cyrix dan Intel.
BEDO RAM (Burst Extended-Data-Out RAM)
Bagi meningkatkan kepantasan mengakses data
ke dalam cip memori DRAM, satu teknologi yang dikenali sebagai bursting
telah dibangunkan untuk tujuan tersebut. Teknologi ini melibatkan
penghantaran blok data yang besar untuk diproses kepada unit-unit data
yang lebih kecil. Istilah DRAM pada cip tersebut adalah merujuk kepada
teknologi penghantaran data terperinci yang meliputi penghantaran
beberapa halaman alamat di dalam cip memori.
SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
Terdapat dua kelebihan yang terdapat pada cip
memori jenis SDRAM. Pertama, ia boleh mengendalikan kepantasan bas
sehingga 100 Mhz dan kedua, cip memori jenis SDRAM boleh dihubungkan
(synchronized) dengan sistem jamnya sendiri. Teknologi yang terdapat
pada cip ini membolehkan dua halaman memori dibuka secara berterusan.
Manakala cip memori jenis SLDRAM merupakan
replikasi cip jenis SDRAM yang telah dipertingkatkan teknologinya dengan
menawarkan kepantasan bas yang lebih tinggi dan ia menggunakan
peket-peket kecil data untuk mengendalikan alamat yang diminta; pemasaan
dan arahan kepada cip memori DRAM. Pemilihan SLDRAM hanya melibatkan
kos yang rendah tetapi prestasi memori yang ditawarkan adalah lebih
tinggi.
SRAM (Static Random-Access Memory)
Perbezaan di antara cip memori jenis SRAM dan
DRAM ialah di mana cip DRAM mesti disegarkan secara berterusan
sedangkan cip SRAM dapat melakukan secara otomatik dan ia hanya berlaku
apabila satu arahan bertulis dilaksanakan. Jika arahan bertulis tidak
dilakukan maka tiada sebarang perubahan pada cip SRAM dan keadaan ini
dikenali sebagai static. Kelebihan yang terdapat pada cip memori jenis
SRAM berbanding dengan cip jenis DRAM ialah kepantasannya yang boleh
mencapai 12-ns manakala 50-ns bagi cip memori jenis BEDO. Manakala
kelemahan yang dimiliki oleh cip jenis SRAM terletak pada harganya yang
lebih mahal daripada DRAM. Setakat ini SRAM kerap digunakan di dalam PC
pada tahap cache yang kedua atau L2 Cache.
L2 Cache
Istilah cache adalah merujuk kepada kaedah
peramalan dan pengendalian data yang akan diminta dan yang sudah
dimiliki. Apabila sebuah CPU membuat satu permintaan terhadap data, maka
data tersebut boleh diperolehi daripada salah satu tempat berikut iaitu
L1 cache, L2 cache, memori utama atau cakera keras. Cip L1 cache
terletak di atas CPU dan saiznya lebih kecil daripada ketiga-tiga tempat
simpanan data yang lain. Manakala cip L2 cache merupakan kawasan memori
yang berasingan dan ia boleh dikonfigurasikan bersama cip memori jenis
SRAM. Pencarian data lazimnya bermula di dalam cip L1 cache kemudian
beralih kepada cip L2 cache, cip DRAM dan seterusnya dalam cakera keras.
Cip L2 cache terletak di antara cip jenis DRAM dan CPU, manakala
fungsinya menawarkan akses yang lebih pantas daripada prestasi cip DRAM.
Sistem cache diwujudkan untuk membolehkan akses memori yang lebih
pantas dan mungkin sepantas CPU.
Async SRAM (Asynchronous SRAM)
Cip yang dikenali sebagai Async SRAM telah
pun wujud sejak kemunculan teknologi pemproses 386 lagi dan masih
mendapat tempat di dalam L2 cache bagi kebanyakan PC. Ia dinamakan
asynchronous kerana cip memori jenis ini tidak dihubungkan dengan sistem
jam. Jadi CPU mesti menunggu terlebih dahulu data yang telah diminta
daripada L2 cache.
Sync SRAM (Synchronous Burst SRAM)
Seperti mana cip jenis SDRAM, cip memori yang
dinamakan sebagai Sync SRAM juga dihubungkan dengan sistem jam untuk
menjadikannya lebih pantas daripada prestasi Async SRAM yang biasa
digunakan untuk L2 cache yang berkelajuan di sekitar 8.5-ns.
Bagaimanapun cip Sync SRAM akan hilang keupayaannya apabila dihubungkan
pada kepantasan bas yang melebihi 66 Mhz.
PB SRAM (Pipeline Burst SRAM)
Cip memori jenis PB SRAM menggunakan sistem
yang dinamakan sebagai pipelining dan kepantasannya sedikit ketinggalan
di belakang sistem yang dipanggil synchronization. Bagaimanapun
peningkatan teknologinya mungkin melebihi teknologi yang dimiliki oleh
cip memori Sync SRAM kerana ia direkabentuk agar serasi dengan bas yang
memiliki kepantasan 75 Mhz atau lebih tinggi. Cip memori jenis PB SRAM
bakal memainkan peranan utama di dalam memantapkan lagi prestasi sistem
komputer yang menggunakan mikropemproses Pentium II atau yang lebih
tinggi.
VRAM (Video RAM)
Cip memori jenis VRAM berfungsi dengan baik
pada prestasi video dan boleh menjumpainya pada kad video accelerator
atau pada papan induk yang memiliki teknologi video. Cip VRAM biasanya
digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik.
Penggunaan cip VRAM akan memberikan prestasi
video yang pantas dan berupaya mengurangkan tekanan pada CPU. Cip VRAM
melibatkan penggunaan dua port akses kepada sel memori dan salah satu
daripadanya digunakan secara tetap untuk menyegarkan paparan dan yang
satu lagi digunakan untuk mengubah data yang akan dipaparkan. Penggunaan
dua port dapat memberikan persembahan video yang pantas berbanding
dengan penggunaan cip DRAM dan cip SRAM yang hanya memiliki satu port
akses.
WRAM (Windows RAM)
Seperti mana cip VRAM, cip memori jenis WRAM
juga memiliki port berganda dan ia digunakan untuk persembahan grafik.
Pengoperasian cip memori jenis WRAM adalah sama seperti cip jenis VRAM,
tetapi ia menggunakan jalur lebar yang lebih tinggi sebagai tambahan
kepada beberapa ciri grafik untuk kegunaan pembangun aplikasi. Cip
memori jenis WRAM juga menggunakan sistem yang dikenali sebagai
buffering data berganda bagi meningkatkan kepantasan penyegaran skrin.
SGRAM (Synchronous Graphics RAM)
Cip memori jenis SGRAM telah digunakan
terutamanya pada kad accelerator video dan ia merupakan sejenis RAM
berport tunggal. Prestasinya dipertingkatkan dengan penggunaan sistem
yang dipanggil dual-bank akan membolehkan dua permukaan memori dapat
dibuka secara berterusan. Penggunaan cip memori jenis SGRAM adalah
sesuai bagi pemain video 3-D (tiga dimensi) kerana terdapat sebuah
blok-bertulis yang akan memecut segala muatan grafik pada paparan skrin.
Video tiga dimensi biasanya memerlukan pecutan yang pantas iaitu dalam
julat 30 hingga 40 bingkai dalam tempoh sesaat.
Memori Flash adalah
sebuah perangkat memori yang dapat menyimpan informasi untuk waktu
yang lama setelah daya listrik telah dihapus. Memori flash transistor
silikon digunakan di banyak perangkat kecil seperti kamera dan MP3
player.
Namun, menciptakan perangkat memori flash
organik yang bersifat fleksibel bukanlah suatu hal yang mudah dan
merupakan sebuah tantangan menarik bagi para ilmuwan. Memori flash
sangat bergantung pada perangkat ‘gerbang mengambang’, yaitu sebuah
komponen transistor yang ditutupi dalam bahan isolasi, gerbang
dielektrik. Terlepas dari isolasi, jika cukup tipis dielektrik, muatan
listrik dapat dibawa ke gerbang apung dengan menerapkan tegangan yang
cukup besar, sehingga biaya untuk ditransfer dalam cara yang kurang
dipahami tetapi melibatkan kuantum diyakini tunnelling atau termal emisi
SLOT EKSPANSI DAN ADAPTER CARD
Slot ekspansi adalah suatu dudukan pada
motherboard yang dapat menyimpan adapter card. Adapter card sering
sekali disebut kartu ekspansi. Kartu ekspansi merupakan papan sirkuit
yang meningkatkan fungsi-fungsi komponen komputer atau menyediakan
smabungan ke periferal. Periferal adalah perangkat yang terhubung ke
komputer dan diatur oleh processor dalam komputer. Contoh dari periferal
adalah modem, disk drive, printer, scanner, dan keyboard.
PORT DAN KONEKTOR
Port adalah suatu titik di mana periferal
menempel atau berkomunikasi dengan komputer sehingga periferal dapat
mengirim data atau menerima informasi dari komputer. Perangkat eksternal
seperti keyboard, monitor, printer, mouse dan mikrofon sering kali
menempel melalui kabel ke suatu port pada komputer. Port-port memiliki
jenis konektor yang berbeda-beda. Konektor menghubungkan kabel ke
periferal. Satu ujung kabel menempel pada konektor di komputer ujung
lainnya menempel pada konektor di periferal.
- Port Serialadalah jenis antarmuka yang menghubungkan sebuah perangkat ke komputer dengan memindahkan data satu bit demi satu bit. Port serial biasanya menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak memerlukan transmisi data yang cepat, seperti mouse, keyboard atau modem. Port COM (communication port) pada komputer adalah satu jenis port serial.
- Port Paralel adalah antarmuka yang menghubungkan perangkat-perangkat yang memindahkan lebih dari satu bit pada suatu waktu.
- Port USB adalah kependekan dari portuniversal serial bus dapat menghubungkan 127 periferal yang berbeda dengan satu jenis konektor. Perangkat-perangkat yang dapat dihubungkan ke port USB termasuk diantaranya mouse, printer, kamera digital, scanner, dan lainnya.
- Port FireWire serupa dengan port USB dalam hal port ini dapat menghubungkan banyak jenis perangkat yang memerlukan transmisi data yang lebih cepat, seperti kamera video digital dan DVD drive dalam satu konektor.
- Port-Port Khusus adalah MIDI, SCSI, IrDA, dan Bluethooth. Port-port ini tidak disertakan dalam komputer pada umumnya.
BUS
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,
komputer memproses dan menyimpan data sebagai deretan bit elektronik.
Bit-bit ini bergerak secara internal dalam sirkuit komputer melalui
saluran listrik. Setiap saluran disebut bus. Saluran ini memungkinkan
berbagai variasi perangkat, baik yang di dalam maupun yang menempel pada
komputer untuk dapat saling berkomunikasi. Bus-bus mengirim bit-bit
dari perangkat masukan ke memori, dari memori ke processor, dari
processor ke memori, dari memori ke perangkat keluaran atau media
penyimpanan.
Referensi: Makalah kelompok 1 PTI IF 1 B UIN SGD Bandung 2014
0 komentar:
Posting Komentar