Selasa, 04 November 2014

Pengertian Multimedia

Standard
     


     Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.

      Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).

Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode, antara lain :
-    1. Berbasis kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah, brosur.
-    2. Berbasis cahaya (Light-based), contoh : slideshows, transparansi.
-    3. Berbasis suara (Audi-based), contoh : CD Players, tape recorder, radio.
-    4. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh : televisi, VCR            (Video Cassete Recorder, film.
5.  Berbasis Digital (Digilatally-based), contoh : komputer.

Referensi: 
http://hartina129b.blogspot.com/2013/04/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html diakses tanggal 04-11-2014, 16.10 WIB
  



0 komentar:

Posting Komentar